Tour Guide Di Era Bisnis Digital Pariwisata

Tour Guide Di Era Bisnis Digital Pariwisata

Profesi pemandu wisata mungkin dahulunya dianggap kurang menarik karena sebagian orang menganggapnya sulit dalam menyesuaikan latar belakang wisatawan yang berbeda-beda. Namun, siapa sangka tour guide juga masuk dalam bidang bisnis digital yang cukup memberikan penghasilan lumayan.
Tidak hanya itu saja, tour guide freelance bisa jadi merupakan bisnis millenial yang menguntungkan. Mengetahui benefit menjadi seorang tour guide tentunya tidak sekedar uang yang didapat.

Apa Saja Benefit Menjadi Seorang Tour Guide?

  1. Punya Jaringan Pertemanan Luas
    Bagi kamu yang suka bertemu dan akrab dengan orang baru, profesi ini sangat cocok untuk kamu pegang. Kenapa? Menjadi seorang tour guide berarti harus siap menerima beragam latar belakang para wisatawan yang dihandle. Biasanya, para tour guide cenderung asyik diajak berbicara dan senang sekali membuat lelucon untuk menjalin keakraban. Mulai dari sinilah maka jalur pertemanan dengan orang asing bisa terjalin dan memiliki banyak teman dari berbagai negara maupun daerah.
  2. Pengembangan Wawasan
    Seorang tour guide tentunya memiliki wawasan yang luas mengenai daerah yang menjadi tujuan wisata. Tidak hanya itu, seorang tour guide juga bisa mengajak para wisatawan dengan beragam latar belakangnya untuk melakukan eksplorasi daerah tujuan pariwisata. Hal inilah memungkinkan para wisatawan menyukai pribadi tour guide karena dinilai dapat diajak berbicara tentang beragam topik yang berbeda. Interaksi dengan para wisatawan ini tentunya dapat menambah wawasan sang pemandu dan juga menambah jam terbangnya yang semakin banyak.
  3. Suka duka sebagai Pemandu Wisata
    Dari segi enaknya sebagai seorang tour guide, ada dua poin mengenai hal ini. Pertama, banyak yang memiliki penghasilan yang sangat baik sebagai tour guide, baik penghasilan dari segi gaji maupun dari tips para wisatawan yang puas dengan pelayanan yang diberikan selama perjalanan. Kedua, para tour guide dapat menikmati jalan-jalan/ melancong menikmati perjalanan wisata bersama para wisatawan . Sesuatu yang tidak pernah membosankan.
    Tetapi di sisi lain, seorang tour guide memiliki kesulitan tersendiri yang tidak dirasakan oleh profesi lain. Sebagai contoh, ada seorang wisatawan sakit, maka dia harus bisa mendampingi sang wisatawan untuk mendapat perawatan. Atau ada yang kurang puas dengan pelayanan yang diberikan, membuat para tour guide harus memutar otak untuk bisa memecahkan masalah tersebut dengan memberikan solusi yang pas, karena kepuasan pelanggan adalah kunci utama keberhasilan dalam berkarir seorang pemandu, sebagai penanggung jawab di lapangan.
  4. Memiliki Peran Penting Dalam Kemajuan Pariwisata
    Peran tour guide sangatlah penting untuk memajukan keunikan wisata di suatu negara. Profesi ini memiliki andil besar untuk memperkenalkan keindahan dan kebudayaan suatu daerah tujuan wisata. Juga, sekaligus memajukan perekonomian suatu destinasi wisata yang pada akhirnya sangat berguna bagi masyarakat sekitar.

Menjadi tour guide di era digital ini sangat tergantung pada ketersediaan internet sebagai penunjang utama kegiatan pariwisata. Mulai dari booking tiket pesawat, kereta, kamar hotel, reservasi restoran, rute perjalanan, rumah sakit terdekat, dan lain lain, sudah dapat diakses dari smartphone. Hal ini penting karena menjamin ketersediaan akan kebutuhan informasi yang semakin beragam dari para wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *