Tol Langit : Pendukung bisnis digital

Tol Langit pendukung bisnis digital

Tol langit pendukung bisnis digital
Jaringan Tol Langit

Mulai Maret 2019, seluruh pelosok Indonesia bakal bisa menikmati layanan internet berkecepatan tinggi. Mulai dari Sabang sampai Merauke bakal tercakup oleh Palapa Ring.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia dengan panjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku serta satu backhaul untuk menghubungkan semuanya. Proyek ini akan mengintegrasikan jaringan yang sudah ada (existing network) dengan jaringan baru (new network) pada wilayah timur Indonesia (Palapa Ring-Timur).Jaringan serat optik ini akan menjangkau 440 kota/kabupaten diseluruh Indonesia.

Tol langit pendukung bisnis digital
Serat Optik

 

 

 

 

 

 

Para netizen menamai proyek Palapa Ring ini sebagai Tol Langit . Yaitu, menyambungkan komunikasi udara tanpa batas dari satu pelosok ke pelosok daerah lain dengan kecepatan tinggi. “Tol langit ini merupakan sebuah istilah yang dimaksudkan karena kehadiran sinyal telepon dan internet ke berbagai pelosok negeri, terutama Indonesia Timur. Sehingga satu sama lain antar daerah di Indonesia bisa saling berkomunikasi secara cepat dan efektif dengan menggunakan infrastruktur telekomunikasi,” ulas John Miduk Sitorus di Kompasiana.

Konektivitas Palapa Ring yang dipopulerkan dengan tol langit ini memastikan bahwa seluruh indonesia termasuk ke daerah terluar dan terdalam sekalipun akan mampu dijangkau oleh koneksi internet supercepat dengan kecepamtan inimal 30 mbps.

So what gitu loh ??

Bagi kamu-kamu yang tinggal di Pulau Jawa, apalagi yang bermukin di kota-kota besar, yang namanya internet sudah bukan barang asing lagi. .Smartphonemu sudah mengusung teknologi 4G .Tapi, coba tenteng smartphone itu kepelosok-pelosok di Papua.Kamu akan beruntung bila bisa dapat signal untuk menelpon.

Nah, dengan adanya Palapa Ring ini, saudara-saudara kita yang tinggal didesa-desa di seluruh nusantara akan dapat menikmati kebebasan berselancar didunia maya seperti yang kita rasakan saat ini. Mau tanya sama Mbah Google atau Mpok Wikipedia, chatting sama Kang Whatsapp, nonton Uni Youtube, atau curhat sama Kak Facebook ? No problem !! 

Mendukung bisnis digital

Tol langit pendukung bisnis digital
Bisnis digital

Sebagaimana pada umumnya, internet diperlukan untuk hubungan interkoneksi antara individual. Akan tetapi pastinya akan terus berkembang menjadi sarana untuk berbisnis bagi para entrepreuner. Internet akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja berbasis digital (e-commerce), meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem kerja, dan meningkatkan kompetensi untuk berkompetisi di pasar global.

Akses internet yang memadai ke daerah terpecil sekalipun,  akan membuka peluang digitalisasi bagi UKM, seperti apa yang telah terjadi di Indonesia bagian barat dan tengah. Akses internet yang meningkat secara signifikan ini jelas akan meningkatkan pembelanjaan alat, teknologi informasi, dan komunikasi.Dan juga membutuhkan SDM yang menguasai atau terlatih dibidang ini.

Seperti biasanya di bisnis offline,  pengusaha di bisnis digital akan tetap membutuhkan dukungan karyawan yang trampil dalam bidang internet untuk menjalankan bisnisnya. Semakin besar bisnisnya, semakin banyak karyawan yang dibutuhkannya Bayangkan, berapa banyak tenaga terlatih yang dibutuhkan untuk mendukung para pebisnis ini bila Palapa Ring sudah terwujud.

Ini kita baru bicara tentang potensi lapangan pekerjaan untuk melayani kebutuhan pebisnis digital di Indonesia. Coba kita mulai melirik peluang lapangan pekerjaan di bisnis digital untuk kawasan regional ASEAN dan Global dunia. Potensinya limitless.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *