Saatnya Beralih ke Bisnis Digital 

Saatnya Beralih ke Bisnis Digital 

 

Pemerintah Indonesia tampaknya semakin serius mendorong adaptasi sektor bisnis dengan era Industri ke-4 yang didominasi konektivitas. Jaringan internet menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Bisnis digital atau UMKM Go-Online memang telah lama digalakan pemerintahan Jokowi. Program ini semakin krusial karena baru 9% dari sekitar 59,3 juta UMKM di Indonesia, yang menerapkan bisnis digital.

Sebenarnya Go-Online ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Nah, apalagi sekarang ini telah banyak bermunculan marketplace yang memiliki komitmen untuk mendukung gerakan ini. Jadi, secara tidak langsung hal ini juga turut memberikan banyak kemudahan bagi pelaku UMKM.

Misalnya melalui marketplace atau e-commerce seperti BliBli, Bukalapak, JD.id, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan banyak lainnya. Pelaku UMKM cukup mendaftarkan diri dan membuat akun seller, maka semua kemudahan bisa dirasakan sesuai persyaratan marketplace masing-masing.

Bisnis digital sebenarnya menawarkan segudang keuntungan. Rasa ragu yang menyelimuti pelaku UMKM, tidak perlu dikhawatirkan. Berdasarkan keterangan Staf Khusus dari Menkominfo, para marketplace sudah membuat sistem yang terbaik dengan memanfaatkan teknologi terbaru. Yang mana hal ini merupakan upaya agar tidak terjadi kesalahan saat transaksi penjualan produk dan pengamanan dalam sistem keuangan.

Beberapa keuntungan Go-Online atau bisnis digital antara lain :

Pertama, pelaku UMKM dapat menjamah pasar yang lebih luas karena tak terbatasi oleh letak geografis, pemasaran dapat mencapai mancanegara.

Kedua, bisnis yang Go-Online termasuk murah sebab modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Pelaku UMKM tak perlu menyewa tempat atau lahan untuk berjualan, pendaftaran akun seller di e-commerce pun gratis. Pelaku UMKM cukup memanfaatkan tempat tinggalnya untuk melaksanakan tahap produksi maupun tempat penyimpanan produk.

Ketiga, pelaku UMKM yang Go-Online juga lebih fleksibel secara waktu. Jam operasional usaha dapat disesuaikan keinginan tanpa terpatok jam kerja.

Keempat, proses distribusi atau pengiriman produk ke pelanggan juga terbilang mudah, sebab kebanyakan e-commerce telah bekerjasama dengan pihak jasa pengiiman. Bahkan pelaku usaha tak perlu repot menghitung biaya pengiriman masing-masing pelanggan, dan telah ada jasa-jasa pengiriman yang memberikan layanan jemput paket ke produsen/seller.

Dengan segala kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan bisnis digital, tunggu apalagi? Pelaku UMKM tak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan diri dan rasakan manfaatnya.

 

Bagi para pebisnis konvensional, sekarang sudah tersedia fasilitas belajar untuk terjun kedunia bisnis digital. Caranya dengan bergabung ke Komunitas Pebisnis Digital yang menyediakan pelatihan dengan bimbingan para Mentor yang sudah berpengalaman didunia bisnis digital. Hebatnya lagi, disediakan fasilitas free webinar hampir setiap hari. Silahkan klik disini untuk bergabung : https://bit.ly/belajardiduniamaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *