Pengertian, Contoh, dan Model Bisnis Digital

Di era digital saat ini, banyak orang yang beralih ke bisnis digital agar mampu bersaing dalam menjalankan bisnis Mereka. Akan tetapi, sebagian orang ada  yang belum mengerti apa sebenarnya bisnis digital itu? Memang saat ini Kita sudah sering mendengar tentang bisnis digital tetapi tidak mengetahui dengan pasti apa itu bisnis digital. Untuk lebih bisa memahami tentang bisnis digital, berikut ini penjelasan tentang bisnis digital: pengertian, Contoh, dan Modelnya.

 

Pengertian Bisnis Digital

Bisnis digital merupakan sebuah bisnis yang canggih dengan memanfaatkan keahlian di bidang teknologi komputer dan  informatika yang memanfaatkan jaringan internet. Perkembangan bisnis digital yang saat ini semakin pesat karena dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan jaringan internet. Semakin mudahnya akses internet dan jumlah pengguna internet yang terus bertambah menjadi salah satu alasan bisnis ini mempunyai peluang yang cukup besar untuk dijalankan.

 

Contoh Bisnis Digital

  1. Penulis Artikel

Bisnis digital menjadi penulis artikel cukup menjanjikan lho. Karena banyak bisnis online yang membutuhkan artikel sebagai sarana melakukan promosi dari produk yang di jual. Kebutuhan artikel setiap hari juga terus meningkat jumlahnya sehingga menjalani bisnis sebagai penulis artikel mempunyai peluang yang cukup besar.

 

  1. Kursus Online

Bisnis digital yag kedua yaitu kursus online. Bisnis digital berupa jasa dengan cara mengajar atau memberi tutorial dengan bentuk video maupun file pdf. Di Jakarta ada komunitas Pebisnis Digital SB1M yang bersedia memberi bimbingan GRATISS bagi para pemula. Mereka juga menyediakan bimbingan melalui email dan webinar bagi yang berada diluar Jakarta. Klik disini untuk info lebih detil.

 

  1. Layanan Digital Marketing

Bisnis digital ini mengolah kampanye pemasaran maupun iklan dengan baik untuk melakukan sebuah promosi terhadap sebuah produk ataupun jasa tertentu. Ada banyak digital marketing agency yang beroperasi saat ini. Contohnya AMETIS ONLINE (klik disini untuk info detil)

 

Model dari Bisnis Digital

Ketika menjalankan bisnis digital, ada beberapa model yang dapat dilakukan yaitu:

  • Model Infomediary

Dalam model ini, ada kegiatan mengumpulkan, membuat analisa, serta menjual informasi ke konsumen.

  • Model Licensing

Di dalam model ini ada hak paten yang dipegang untuk perangkat tertentu sehingga hak privasi dan perlindungan mempunyi kontribusi penting untuk model bisnis digital ini.

  • Model Merchant

Model bisnis merchant akan menjual jasa dan juga barang melalui toko online. Ketika menggunakan model merchant ini, tidak terdapat toko fisik.

 

Dari ulasan tentang bisnis digital pengertian, contoh, dan modelnya terdebut diatas, Anda tentu sudah tidak bingung lagi mengenai bisnis digital. Bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke bisnis digital, tinggal menenentukan  pilihan model bisnis yang tepat, yang sesuai dengan minat dan bakat serta keahlian yang sudah anda miliki. Karena di era yang semakin digital ini, Anda bisa semakin mudah menggunakan jaringan internet yang ada untuk memulai bisnis digital yang ingin Anda jalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *