Peluang Bisnis digital 4.0

Peluang Bisnis digital 4.0

 

Perkembangan teknologi mendorong perubahan perilaku di masyarakat, baik produsen maupun konsumen. Transaksi jual-beli tidak hanya dilakukan secara offline melainkan juga secara online. Sistem bisnis kini telah beralih ke digital. Hal ini tentu berdampak positif yaitu semakin berkembangnya bisnis digital 4.0

Ya, dewasa ini,merupakan era digitalisasi dimana segala sesuatu ada di dalam genggaman. Sangat mudah bagi masyarakat untuk mengakses suatu informasi melalui teknologi digital secara bebas dan tanpa batas dengan jaringan internet. Semua menjadi serba mudah dengan adanya teknologi.

Era digital 4.0 membuka banyak peluang bisnis, yang mana web mampu meghubungkan jutaan orang. Saat ini bisnis  tidak lagi mengenal batas waktu dan wilayah.Apalagi dengan adanya proyek Tol Langit dengan layanan internetnya yang berkecepatan tinggi.. Baca Juga : Palapa Ring

Adanya proyek tersebut, membuat komunikasi udara akan tersambung tanpa mengenal batas hingga menyentuh pelosok negeri dan. Hal ini tentu akan sangat mendukung terlaksananya bisnis digital 4.0. Sarana internet ini dapat mendorong masyarakat Indonesia lebih bekerja aktif, kreatif dan mampu bersaing di pasar global.

Akses jaringan internet yang memadai membuka luas peluang bisnis digital 4.0, memungkinkan semua serba online.Penjual dan pembeli saat ini tidak lagi harus hadir dalam satu tempat. Bisnis online menawarkan kemudahan transaksi menyaingi bisnis konvensional. Sehingga bisnis ini menjadi lebih diminati karena dianggap lebih efisien waktu dan menghemat biaya.

Perkembangan bisnis digital 4.0 semakin pesat dan menjanjikan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Teknologi menekan biaya operasional, tanpa menyewa tempatpun bisnis sudah bisa berjalan. Biaya pemasaran produkpun jauh lebih murah dengan berbagai platfrom media sosial yang dapat diakses dengan adanya jaringan internet.

Bisnis ini mempermudah para pebisnis menjangkau target pasar dengan cakupan yang tidak terbatas. Sehingga digitalisasi merupakan hal penting yang harus dilakukan agar bisnis yang digeluti mampu bersaing dengan bisnis-bisnis lain, tidak tergeser atau bahkan terancam mati.

Selain minimnya biaya operasional, bisnis digital 4.0 juga memberi kemudahan pada cara pembayarannya bagi konsumen. Transaksi pembayaran tidak lagi harus pergi ke ATM, transaksi pembayaran bisa melalui sistem Cash on Delivery (CoD), virtual account, atau melalui berbagai perusahaan fintench menjadikan bisnis digital mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang tentunya semua itu dapat dilakukan dengan adanya bantuan teknologi dan jaringan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *