Kampung Marketer : Digitalisasi masyarakat desa

Tahukah kamu bahwa ada sebuah desa kecil di Purbalingga yang bisa menyediakan Customer Service untuk bisnis online ? Ya, betuulll. customer service berlokasi di desa.
Adalah seorang Novi Bayu Darmawan, lulusan STAN Jakarta dan sempat menjadi ASN di Kementrian Keuangan, yang menjadi motor penggerak dari komunitas KAMPUNG MARKETER. Dia, yang awal mulanya adalah seorang pebisnis digital juga, merasakan besarnya kebutuhan akan supporting-staff dalam dunia bisnis digital. Lalu dia berinisiatif merekut pemuda-pemudi di Desanya, yang kebanyakan masih menganggur, untuk dididik menjadi karyawan back-office bisnis digital.
Adapun layanan yang disediakan Kapung Marketer adalah sebagai berikut :
  • Customer Service : layanan ini berfungsi mengurus semua kontak yang masuk dari calon pelanggan dari sebuah bisnis online; baik pesan itu lewat email, WA, IG, maupun media sosial lainnya.
  • Advertising : membangun konsep strategi marketing sampai pelaksanaan kampanye iklan untuk sebuah produk atau jasa.
  • Social Media : mengelola kegiatan berinteraksi dan berkomunikasi dengan para pelanggan melalui media sosial.
  • Content Writter :  menulis artikel-artikel yang cocok untuk sebuah website sampai iklan untuk sales-campaign 
  • Data-input : mencatat/data-input dan mendokumentasikan semua rincian order atau transaksi serta data-data lainnya yang berhubungan dengan penjualan.
  • Lainnya : menyediakan SDM yang kompeten dan trampil dibidang-bidang yang dibutuhkan untuk kelancaran usaha digital.
Lebih lanjut, Novi Bayu Darmawan menjelaskan :”Salah satu motivasi selain menyerap pengangguran, kita juga ingin meminimalisir dan mengedukasi orang-orang disini bahwa yang namanya kerja itu tidak harus kekota. Karena yang namanya posisi kerja di online seperti ini, bisa dikerjakan di mana saja,” .
Ini adalah salah satu bukti bahwa internet sudah merambah jauh kedesa-desa dan berhasil menciptakan pekerjaan bagi kalangan pemuda-pemudi yang tidak pernah belajar secara formal tentang dunia maya. Yang dibutuhkan hanya seorang Novi Bayu Darmawan untuk merubah para penganggur menjadi pekerja digital.
Ini juga membuktikan bahwa kita tidak harus bergerak sebagai pengusaha dibidang digital untuk mendulang rupiah didunia online; sebagai pegawaipun bisa.
Apakah kita mau mencontoh sepak-terjangnya ?? Indonesia membutuhkan orang-orang seperti dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *