Ini Dia Cara Berpindah dari Bisnis Offline ke Bisnis Digital

Saat ini semua hal dilakukan dengan online, ini adalah fakta yang mau tidak mau harus diterima oleh masyarakat. Bisnis digital mulai mendapatkan tempat setelah awalnya banyak dilakukan secara konvensional.

Bukan hal yang sulit untuk memindahkan bisnis dari offline ke online, asalkan Anda memiliki keinginan kuat untuk bisa mewujudkannya.

Ada lebih banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan melalui online, misalnya saja tidak butuh modal yang besar sehingga lebih mudah untuk memulai berbisnis.

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk memindahkan bisnis dari offline menjadi bisnis digital :

  1. Membuat Platform Promosi
    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk Anda. Salah satunya adalah melalui platform online. Kalau Anda memiliki modal yang cukup, maka Anda bisa memulai dengan membuat website berbayar.
    Tetapi kalau Anda merasa ragu dan tidak memiliki modal, maka Anda bisa memulainya dengan platform gratis. Salah satu platform yang bisa digunakan sebagai media pemasaran adalah media sosial. Anda bisa mengunggah status atau story yang isinya tentang produk Anda. Mudah bukan?
  2. Bertujuan Sustainable
    Ubah mindset Anda bahwa bisnis harus mendapatkan keuntungan yang banyak. Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah untuk ‘bertahan’. Ada banyak orang yang menjual produk serupa dengan milik Anda. Hal ini membuat Anda harus mau menurunkan laba yang bisa Anda dapatkan.
    Apabila harga yang Anda tawarkan lebih murah dibandingkan toko lain, maka pelanggan akan memilih toko Anda. Bayangkan kalau ada 10 pelanggan yang berganti toko hanya karena Anda menawarkan harga yang murah. Anda bisa tetap mempertahankan kelanggengan bisnis.
  3. Membuat Website
    Kedengarannya sepele, tetapi hal ini sangat penting. Buatlah nama produk yang benar-benar unik, sehingga bisa muncul teratas di mesin pencarian. Agar bisa muncul di nomor paling atas, maka Anda harus bisa membuat website yang berkualitas. Kalau Anda tidak memiliki kemampuan untuk membangun website yang bagus, maka Anda bisa menyewa tenaga ahli untuk membuatkannya. Sedikit modal tidak apa-apa untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Bagi anda yang ingin terjun dan mempelajari cara-cara berbisnis online, di Jakarta ada komunitas pebisnis digital, namanya SB1M. Disitu anda bisa dapat pengenalan tentang bisnis digital secara gratisss. Klik disini untuk info detil.

Itulah tadi beberapa poin yang harus Anda sikapi ketika mencoba beralih ke bisnis digital dan siap Anda terapkan untuk kemajuan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *