Contoh Bisnis Digital di Indonesia

Mengenal Beberapa Contoh Bisnis Digital di Indonesia

 

Bisnis digital tidak terasa asing namun masih belum semuanya mengetahui tentang bisnis digital. Untuk itu Anda perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Bisnis digital adalah usaha yang telah memanfaatkan perkembangan teknologi komputer, informatika dan internet. Bisnis digital perkembangannya semakin cepat, karena adanya jaringan internet sehingga pengguna dapat memasarkan produk bisnisnya dengan mudah.

 

Tiga contoh bisnis digital di Indonesia

Bisnis digital adalah usaha kekinian yang saat ini banyak digeluti oleh para pengusaha. Ada beberapa bisnis digital yang sukses di negara Indonesia. Berikut merupakan contoh bisnis digital.

  1. Go-Jek

Aplikasi ojek online Go-Jek termasuk ke dalam bisnis digital, karena dikembangkan pada platform digital khusus yang dapat di akses oleh siapa saja. Pendiri bisnis digital Go-Jek yaitu Nadiem Makarim. Aplikasi Go-Jek dapat membantu tukang ojek online dapat menemukan penumpang dengan mudah. Tidak hanya itu, penumpang juga bisa mendapatkan ojek secara cepat dengan harga terjangkau. Banyak yang memakai aplikasi Go-Jek, karena di dalamnya terdapat berbagai jenis layanan yang sudah memakai jaringan internet sebagai sarana komunikasi dengan para penguna.

  1. Kaskus

Bisnis digital selanjutnya yaitu kaskus. Sebuah forum paling besar yang berada di Indonesia. Kaskus didirikan oleh Andrew Darwis. Andrew memiliki website pribadi meskipun pada tahun 90 an, internet masih belum terkenal. Andrew telah memainkan internet sejak tahun 1997, bahkan beliau aktif memainkan website pribadinya. Andrew bekerja dengan saudaranya untuk membuat kaskus. Perkembangan kaskus semakin pesat, hingga masuk ke negara Indonesia. Kaskus sudah tidak dinahkodai oleh Andrew, melainkan sejak 2016 dibawah naungan PT Darta Media Indonesia.

  1. Bukalapak

Bisnis digital Bukalapak sekarang sangat terkenal. Bukalapak  menjadi salah satu marketplace yang besar. Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky yang menyukai bidang IT. Bukalapak berkembang dengan pesat, banyak investor yang menanamkan modal ke Bukalapak. Seiring perkembangan Bukalapak, banyak yang bergabung ke dalamnya. Hingga 10.000 pedagang lebih yang telah bergabung.

Demikian beberapa contoh bisnis digital yang ada di Indonesia. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa bisnis digital adalah bisnis yang tidak lepas dari dunia komputer, internet serta teknologi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *