Domain Bisnis, Bagaimana Cara Memilih Namanya

Agar Lebih Unik, Begini Rekomendasinya Memilih Nama Domain Website

 

Hampir setiap pelaku bisnis yang telah mengintegrasikan bisnisnya dengan penggunaan media digital akan membutuhkan yang namanya website. Bisa dibilang, website tersebut sangatlah penting sebagai bentuk lapak untuk mempromosikan berbagai produk. Selanjutnya, Anda yang membangun bisnis digital, juga harus memahami yang namanya domain website itu sendiri. Tanpa adanya domain tersebut, maka akan sulit orang lain menemukan bisnis Anda.

Secara umum, domain bisa diartikan sebagai alamat dari website itu sendiri. Dengan kata lain, Anda yang notabene merupakan pelaku bisnis digital sudah sepatutnya menentukan domain itu sendiri. Penentuan domain bisa dilakukan dengan menggunakan nama yang mudah diingat oleh orang lain, sehingga mereka dengan mudah akan bisa mengunjungi website Anda yang menjadi lapak untuk berjualan.

 

Cara memilih nama Domain

Untuk Anda yang bingung memilihnama domain, berikut beberapa tips cara jitu yangbisa dilakukan.

  1. Sesuaikan dengan tema dan bisnis Anda

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih nama domain untuk bisnis digital adalah dengan menyesuaikan dengan tema sekaligus bisnis yang Anda jalankan. Sebagai contoh, jika bisnis Anda mengusung tema fashion, Anda bisa memilih nama domain tentang fashion.

  1. Cobalah buat list atas nama domain

Selanjutnya, dalam menentukan nama domain Anda disarankan untuk membuat list nama domain kesukaan Anda. Sebagai contoh, dalam bisnis digital ini Anda bisa menggunakan nama domain seperti halnya menfashion.com atau mungkin yang lainnya. Dengan mengumpulkan berbagai nama yang ada, Anda bisa memilih yang terbaik. Akan lebih menariknya lagi, Anda bisa menambahkan nama kota seperti kulinersurabaya.com. Daftar/list nama ini penting sebagai cadangan bila nama yang anda pilih sudah diambil orang lain.

  1. Pilih dari daftar yang dibuat

Setelah menentukan beberapa nama domain yang ada, selanjutnya Anda harus menentukan nama domain yang sesuai untuk dijadikan sebagai bagian dari bisnis digital. Dalam hal ini, jangan sesekali Anda menggunakan kombinasi huruf angka hingga capital yang sangat menyulitkan orang lain untuk mengingat. Jangan lupa untuk memilih nama yang terbaru dan mudah diingat.

Selain beberapa hal tersebut di atas, yang perlu dilakukan adalah dengan memastikan legalitas trademark. Dengan kata lain, jangan sampai nama domain tersebut mirip dengan domain lainnya.  Anda harus mengunakan domain yang berbayar dalam menjalankan bisnis digital demi mendapatkan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *