Bisnis resto zaman Now

Kenapa berbisnis resto ?

Selama orang masih bernyawa, maka mereka pasti membutuhkan makanan untuk tetap bertahan hidup. Makanan adalah kebutuhan yang paling mendasar bagi manusia.

Inilah pemikiran dasar para pebisnis resto zaman NOW. Kebutuhan dasar manusia ditambah dengan semakin meningkatnya perekonomian kelas menengah keatas mendorong semakin berkembangnya bisnis kuliner di Indonesia. Bisa kita saksikan menjamurnya resto-resto baru di kota-kota besar dari Sabang sampai Merauke.

Prinsip-prinsip dalam bisnis resto

Tentunya, dengan menjamurnya resto-resto itu bak jamur di musim hujan, maka persaingan akan semakin ketat dan berat. Untuk itu perlu diperhatikan 5 unsur penting dalam bisnis ini; yaitu

  • Lokasi yang sesuai dengan bisnis resto. Ada baiknya memilih lokasi dimana banyak tersedia resto-resto lainnya. Inilah prinsip simbiosis-mutualistis, dimana resto-resto itu memberikan pilihan yang berbeda-beda bagi para penggemar/pemburu kuliner. Hal ini menjadi penting karena zaman sekarang orang makan diresto bukan cuma karena lapar, tapi juga untuk mendapat “new experience”.
  • Rasa yang special juga menjadi pertimbangan para penikmat makanan ini. Ada sebagian para pebisnis resto yang memilih jalur “fusion food”  dimana makanan tradisional dirubah citarasanya dan disesuaikan dengan selera masa kini. Tetapi ada juga pemilik resto yang memutuskan untuk tetap menyediakan masakan dengan citarasa aslinya,yang istilah kerennya “tempo doeloe”..
  • Harga yang terjangkau merupakan juga faktor penentu atas keberhasilan usaha kuliner. Para pemburu kuliner ini adalah dari kalangan yang terpelajar dan berstrata sosial kelas menengah atas. Mereka selalu mengevaluasi citarasa yang disajikan dengan harga yang ditawarkan. Apabila mereka merasa bahwa citarasa yang disajikan tidak sesuai dengan harga yang mereka bayar, jangan harap mereka untuk kembali lagi. Bagi para pebisnis kuliner, lebih baik menjual sajian dengan harga kemurahan daripada kemahalan
  • Berinovasi dalam menu dan citarasa juga menjadi kunci keberhasilan suatu bisnis kuliner. Ada perubahan perilaku konsumen kuliner masa kini, dimana mereka bukan hanya mau isi perut, tapi juga mau mengalami “new experience”  seperti sudah disebutkan diatas. Oleh karena itu, resto-resto masa kini dituntut untuk terus berinovasi untuk mempertahankan customer-base mereka. Inovasi ini bisa dalam bentuk perubahan penampilan, pergantian menu, penambahan jalur distribusi dan keaneka-ragaman cara pembayaran.
  • Manajemen yang solid adalah kebutuhan yang tidak dapat dianggap enteng. Bisnis ini membutuhkan komitmen total dari para pelakunya. Selain jam kerjanya yang panjang, juga tidak mengenal istilah libur. Dimana bisnis lain sedang tutup, bisnis ini malah sedang sibuk-sibuknya melayani pelanggan. Hari libur nasional dan hari besar keagamaan adalah waktunya panen mereka yang memiliki restoran. Untuk itu dibutuhkan penjadwalan yang ketat bagi para karyawannya. Disamping itu, manajemen persediaan barang perlu pengawasan yang teliti, karena disinilah sumber kebocoran anggaran usaha; baik karena kehilangan maupun karena kerusakan.

Model usaha resto di Jakarta

Baru-baru ini penulis berkesempatan menikmati hidangan dari tiga restoran yang berbeda; yaitu :

-Dapur Oma Poppy

Bisnis resto zaman Now

Resto ini menyediakan sajian yang khusus memiliki citarasa “tempo doeloe”, baik dalam pemilihan menunya sampai dengan penyajiannya. Harga yang ditawarkan cukup masuk akal dan sesuai dengan menu yang disajikan.

Pecel Ramijan

Resto yang terletak didekat STM Penerbangan Jakarta Selatan ini menyajikan menu yang khas tradisional Parakan, Jawa Tengah.

-BEAU bakery and coffeshop

Resto ini menyediakan makanan dengan citarasa modern. Banyak disambangi oleh kaum muda, Beau cocok buat gaul dan “hang-out”

 

Lalu apa hubungannya dengan digital marketing ?

Penulis pernah membaca sebuah quote dari Steve Jobs pendiri Apple Computer : ” if your business not in the internet, then you end-up with no business” , yang diterjemahkan secara bebas : “jika bisnismu tidak ada di internet, maka kamu akan kehilangan bisnismu. Jika restomu ingin tetap eksis, maka bisnismu juga harus eksis juga didunia maya.

Apa saja yang harus dilakukan didunia maya ?

  1. Kamu harus membuat akun di sosial media seperti Whatsapp, Facebook, Instagram dan Youtube. Keempat sosial media ini adalah yang paling mumpuni untuk beriklan dan berinteraksi dengan customer-base mu. Media sosial ini memberimu kebebasan dalam menentukan target marketmu; baik dari segi demography, lokasi, strata sosial, jenis kelamin, hobby dan interest.
  2. Memiliki Geo Tags dari Google My Business. Ini sangat bermanfaat bagi para calon pelanggan untuk menemukan lokasi restomu.
  3. Daftarkan restomu di aplikasi Go-Food. Penting bagi para pelanggan baru dan pelanggan lama yang terbiasa dengan kemudahan dan kenyamanan berbelanja online.
  4. Siapkan sistim pembayaran yang sesuai bagi pelanggan onlinemu seperti Go-pay dan Ovo.

 

Masih bingung untuk berkiprah didunia maya ?

Bagi para pebisnis resto yang ingin terjun kedunia digital untuk menunjang bisnisnya,. kini telah hadir komunitas  SB1M yang memberikan bimbingan bagi para pemula . Disinilah berkumpulnya para pebisnis yang ingin belajar Digital Marketing.Dikomunitas ini, para pemula akan mendapat bimbingan terus-menerus dari para Mentor yang merupakan para pelaku aktif didunia digital. Hebatnya lagi, SB1M memberikan 3 kali kelas gratis bagi para pemula untuk perkenalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *