Bisnis Digital Menurut Para Ahli

Bisnis Digital Menurut Para Ahli

 

Siapa yang tidak tahu perihal teknologi saat ini? Tentu tidak ada, bukan? Segala hal yang biasa dilakukan secara manual dan nyata, sekarang beralih menjadi digital dan maya. Maka tak heran apabila pembayaran tol saja kini menjadi e-tol. Sudah barang pasti bisnis pun mesti berubah menjadi digital.

Bisnis digital, begitulah biasanya orang-orang menyebut semua usaha secara online, mencakup semua produk dan jasa yang dipasarkan secara online . Adanya transaksi secara online tentu memiliki banyak sisi positif, terlebih bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk berbelanja secara langsung. Tapi, bagaimana tanggapan para ahli?

Bisnis digital menurut Heidrick dan Struggless, perkembangan digital marketing via web, telepon genggam, serta perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh.

Heidrick dan Struggless mempertanyakan mengapa para marketer di seluruh asia tidak mengalihkan penggunaan budget dari marketing tradisional; seperti TV, radio dan media cetak ke arah media teknologi baru dan media yang lebih interaktif.

Dengan kata lain, marketing secara manual (tradisional) sebaiknya sudah beralih dengan dilakukan secara online. Mengingat peluang bisnis digital yang sangat banyak dan signifikan, penting kiranya bagi marketer mengetahui sebanyak apa manfaat dari bisnis online tersebut.

Pertama, manfaat bisnis digital bagi para marketer adalah dapat langsung berinteraksi dengan konsumen tanpa perlu mengeluarkan uang banyak. Sementara bagi konsumen, mereka tidak perlu bingung mencari penjual yang menjajakan kebutuhan mereka. Mereka tinggal melakukan search di laman mesin pencari atau aplikasi dan dengan mudah menemukan penjual.

Kedua, melalui bisnis digital, marketer dapat menjangkau banyak konsumen yang sudah ditargetkan. Marketer juga dapat menghasilkan prospek dan mencapai peningkatan penjualan hingga 24%. Pemasaran digital ‘membuka’ jalan upaya pemasaran yang akan membuahkan hasil yang menguntungkan.

Ketiga, strategi bisnis digital dikonfirmasi bisa menghasilkan peningkatan keuntungan 2,8 kali lebih besar bagi sebuah usaha dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Karena pemasaran secara tradisional dinilai kurang interaktif bagi konsumen.

Nah, sudah tahu kan betapa bisnis digital sangat bermanfaat bagi marketer dan juga konsumen. Dan sudah saatnya pula Anda beralih bisnis dari tradisional menjadi digital. Jangan sampai ketinggalan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *