Bisnis Berbasis Digital? Siapa Takut!

Bisnis berbasis digital adalah bisnis dengan peluang yang sangat potensial untuk dilakukan. Apalagi saat ini jaringan internet sudah mudah diakses dimana saja.

 

Apa Itu Bisnis Berbasis Digital?

Bisnis berbasis digital adalah bisnis dengan memanfaatkan kemampuan dibidang teknologi juga jaringan internet. Bisnis ini tidak hanya bisa dikerjakan  menggunakan komputer saja, akan tetapi kini juga  sudah bisa menggunakan smartphone. Jaringan internet yang mudah diakses akan membuka peluang menjanjikan dari bisnis berbasis digital.

Zaman akan terus mengalami perkembangan dan perubahan. Begitu pula dengan teknologi juga akan semakin canggih dan harus diiringi dengan penguasaan terhadapnya. Hal ini dikarenakan bisnis berbasis digital adalah bisnis yang telah menciptakan konsep Shifting Economy. Kondisi dimana transaksi perdagangan tidak lagi dalam bentuk fisik dan hanya dilakukan di dunia nyata, tetapi kini berpindah ke dunia maya. Peralihan ini tentunya tidak akan berjalan tanpa keahlian dan pengertian terhadap teknologi terkini.

Saat ini, digital sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Penguasaan terhadap teknologi informasi merupakan salah satu modal penting dalam memulai bisnis. Mengingat teknologi dan jaringan internet kini merupakan sarana yang sangat besar pengaruhnya untuk media pemasaran, promosi, maupun berbisnis.

Bisnis berbasis digital adalah kondisi dimana manusia dituntut untuk siap menghadapi perubahan zaman dengan persaingan bisnis yang saat ini telah menggunakan berbagai teknologi canggih.

Pebisnis yang tidak mampu beradaptasi dan masih tetap mempertahankan cara lama, akan semakin tergeser dan mulai ditinggalkan oleh konsumen. Mengabaikan teknologi hanya akan membuat usaha terancam mati dan berakhir dengan gulung tikar.

 

Apa saja model bisnis digital?

Bisnis berbasis digital memiliki tiga model yang bisa dilakukan yaitu;

  1. Infomediary,

yaitu mengumpulkan informasi, kemudian melakukan analisi dan menjualnya kepada konsumen.

  1. Licensing

Memiliki hak paten terhadap suatu perangkat tertentu. Hak paten ini berfungsi untuk mendapat hak perlindungan dan privasi dalam menjalankan bisnisnya.

  1. Marketplace

Merupakan model bisnis digital dengan cara menjual barang dan jasa melalui toko online.

 

Di zaman yang sudah serba digital ini, sangat memungkinkan bagi seseorang untuk memulai bisnis tanpa harus memiliki modal besar dan latar belakang pendidikan tinggi.  Sebab bisnis berbasis digital adalah bisnis yang hanya mengandalkan ketersediaan jaringan internet saja. Dan bisa memberikan orang berpenghasilan besar. Berbisnis digital bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan jangka waktu kerja tak terbatas.

Bagi para pebisnis digital yang baru memulai usaha dan belum tahu harus melakukan apa, kini telah tersedia Terminal Pebisnis Digital. Disini adalah tempat terjadinya interaksi antara pebisnis baru dengan pebisnis yang telah lama berkiprah dalam dunia digital dan membagikan pengalaman yang dimiliki. Sehingga tidak perlu ragu atau bingung lagi untuk memulai bisnis berbasis digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *