Beragam Profesi dalam Bidang Graphic Designer Di Bisnis Digital

Beragam Profesi dalam Bidang Graphic Designer Di Bisnis Digital

 

Graphic Designer dewasa ini mengalami perkembangan cukup pesat di era bisnis digital. Hal ini dikarenakan banyak bisnis konvensional melebarkan sayapnya ke ranah bisnis digital. Tentunya, desain grafis merupakan salah satu peluang emas bagi par millneial untuk meraup penghasilan secara mandiri.

Desain grafis ialah salah satu bentuk komunikasi visual yang ditampilkan dalam bentuk kata, video maupun gambar dengan menggunakan bantuan komputer. Cara mengomunikasikan beragam topik informasi dengan perpaduan warna dan tata letak gambar membuat konsumen tertarik terhadap konten yang dibuat.

Perusahaan digital marketing memberikan peluang besar kepada para desain grafis untuk membuat konten menarik mengenai produk baik penggunaan logo, fotografi maupun bentuk visual lain yang mampu menarik minat pembeli terhadap produk. Namun, posisi graphic designer di perusahaan memiliki ragam yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan.

 

Ragam Profesi Graphic Designer

  1. Art Director

Melakukan pengelolaan dan koordinasi antara ilustrator dengan production artist dalam menentukan target proyek, agar sesuai permintaan klien dan sesuai deadline yang telah disepakati.

  1. Art Production Manager

Pengelolaan bagian produksi penciptaan seni dengan tujuan untuk peningkatan efisiensi kerja dan pengawasan pengeluaran pembiayaan.

  1. Creative Director

Pengelola tim agar memiliki daya kreativitas yang tinggi dalam pemasaran produk maupun produk branding.

  1. Package Designer

Pembuatan rancangan kemasan produk dalam pemasaran dari beragam, segi mulai dari desain hingga bentuk jadi.

  1. Brand Identity Developer

Pengembangan merek tertentu pada sebuah organisasi maupun perusahaan agar dapat dikenal masyarakat luas.

  1. Visual Image Developer

Pembuatan karakter gambar dan bentuk desian melalui animasi 3D, editing gambar dan seni foto untuk menarik minat pelanggan tertarget.

  1. Broadcast Designer

Mengembangkan desain pada media massa seperti produksi program televisi, acara radio, maupun kegiatan online di media sosial.

  1. Visual Journalist

Pembuatan model infografis yang dicetak dalam  media online maupun offline

  1. Logo Designer

Pembuatan sebuah logo tertentu dengan tujuan agar branding perusahaan melalui logo dapat dikenal masyarakat. Hal ini dapat memberikan gambaran secara jelas visi dan misi sebuah usaha. Selain itu, perlu bahan maupun arti filosofi dalam pengembangannya.

 

Itulah beberapa ulasan sederhana mengenai ragam profesi graphic designer dalam sebuah perusahaan, yang disesuaikan dengan visi dan misi sebuah usaha. Peran desain grafis dalam membangun branding pada bisnis digital sangatlah penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *