Belajar Bisnis Digital Dari Founder Kitabisa.Com

Belajar Bisnis Digital Dari Founder Kitabisa.Com

 

Perkembangan teknologi memberikan akses kepada generasi milennial untuk sukses dalam bidang bisnis digital. Muhammad Alfatih Timur, founder kitabisa.com, contoh nyata generasi milennial yang berhasil membaca peluang dan memanfaatkan sistem digital untuk membangun bisnisnya.

Kitabisa.com adalah starup bidang sosial, tempat menggalang dana secara online yang ditujukan untuk membantu pihak lain. Perusahaan ini dipercaya oleh banyak orang dalam menyalurkan dana dengan profesionalitas dan transparansi pengelolaannya.

Untuk biaya operasional dan kampanye program ini, kitabisa.com menetapkan potongan 5%. Potongan ini tidak diberlakukan ketika pengumpulan dana bertujuan untuk zakat atau donasi bencana alam.

 

Dorongan Mendirikan Kitabisa.Com

Kemampuan dan keinginan mengembangkan Kitabisa.Com, banyak didapat pria kelahiran 1991 ini ketika bergabung dengan Rumah Perubahan (Organisasi sosial yang didirikan oleh Rhenald Kasali). Di tempat ini Alfatih banyak belajar tentang social entrepreneurship dan mendapatkan banyak pengalaman tentang situasi sosial di Indonesia.

Jiwa sosialnya sebenarnya sudah tertanam sejak kecil dengan latar belakangnya sebagai anak seorang dokter di daerah terpencil. Melihat secara langsung ayahnya memberikan pengobatan cuma cuma kepada warga kurang mampu membekas di hatinya. Namun ia melihat upaya ayahnya tersebut hanya berdampak pada segelintir orang.

Alfatih berpikir untuk membuat gerakan yang dapat dirasakan masyarakat lebih luas. Ia melihat peluang keinginannya ini dapat terwujud, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Dengan ilmu social entrepreneurship yang didapat dari Rumah Perubahan,  tercetus ide untuk membangun startup, bisnis digital yang bergerak di bidang sosial.

Ia melihat peluang keberhasilan startup-nya, setelah menyadari budaya gotong royong orang-orang Indonesia. Namun keinginan untuk membantu orang lain terbentur akses dan minimnya informasi bagaimana menyalurkan bantuanya.

Butuh perjuangan untuk mengembangkan organisasi ini. Di awal berdirinya ia bersama dengan teman-temannya menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengkampanyekan program ini ke perguruan tinggi. Ia melihat potensi mahasiswa dalam bidang bisnis dan keinginan besar membuat perubahan yang bermanfaat  bagi masyarakat luas.

Keberhasilan Muhammad Alfatih Timur merupakan gambaran nyata, dengan menggabungkan kemampuan dalam melihat peluang bisnis digital dan jiwa sosial dapat membuat perubahan positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *