Beberapa Hal Penghambat Proses Transformasi Digital

 

 

Dunia digital memang sudah merambah ke segala bidang keseharian di kehidupan manusia. Hadirnya system digitalisasi memang sudah dipandang penting untuk mengimbangi perkembangan di era teknologi ini. Demikian juga halnya dalam dunia marketing, yang sudah menginjak ke strategi bisnis digital. Bisnis digital sendiri merupakan strategi bisnis yang menggunakan media digital atau internet.

Transformasi digital dinilai penting, karena bisa meningkatkan serta mendorong pertumbuhan ekonomi perusahaan bisnis. Di Indonesia sendiri memerlukan perubahan sebanyak 90% transformasi digital yang harus dialakukan oleh pimpinan perusahaan . Namun angka tersebut belum sepenuhnya bisa dikatakan sukses.

Sebab dari data update terbaru, tercatat sebanyak 27% yang sudah memiliki strategi transformasi digital secara menyeluruh. Sedangkan angka 51% masih dalam tahap proses,dan sisanya 22% masih belum memiliki strategi apapun.

Dalam bisnis hambatan sudah menjadi suatu hal yang wajar. Namun perlu dipelajari dan dicarikan solusinya.

 

Beberapa Hambatan Dalam Transformasi Digital

Beberapa perusahaan yang melakukan proses transformasi digital biasanya akan menghadapi masalah performa yang kurang baik. Oleh sebab itu, diperlukan suatu inovasi guna menaikan performa dan mempertahankan posisi kedepan.

Lalu, mengapa hanya sebagian perusahaan yang melakukan transformasi digital? Padahal kemajuan perusahaan sudah sangat tergantung pada proses transformasi digital tersebut! Karena, ada banyak factor yang mempengaruhi terhambatnya proses transformasi tersebut.

Menurut perusahaan teknologi terbesar dunia “Microsoft”, para pelaku bisnis memiliki 5 dasar tantangan untuk bertransformasi ke dunia digital.

  1. Masalah yang terjadi pada keamanan atau bahkan serangan cyber.
  2. Mitra teknologi yang kurang baik
  3. Kurangnya SDM dalam keahlian digital marketing
  4. Kurangnya insfratruktur teknologi informasi dari pemerintahan
  5. Ketidakpastian mengenai lingkungan ekonomi

Peran pimpinan perusahaan juga sangat mempengaruhi hasil proses transformasi, sebab transformasi digital memerlukan perubahan mindset serta culture dari setiap karyawan yang ada. Agar dapat  beradaptasi dan bisa bekerja lebih tepat dan cepat, yang mana bukan hanya sekedar mengganti system dengan teknologi saja.

Itulah beberapa masalah dalam dunia bisnis digital, yakni proses transformasi digital dari bisnis konvensional ke bisnis online. Kesuksesan bisnis hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang berjiwa pantang menyerah saja. Yang mana selalu mampu mengatasi permasalahan bisnis yang timbul.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *