5 Profesi Paling di Buru Saat Ini

Lima profesi yang paling diburu saat ini

 

Di jaman yang serba digital ini, banyak sekali profesi yang kehilangan pamornya didunia bisnis. Kebanyakan profesi yang mulai ditinggalkan para pemberi kerja adalah profesi yang berkaitan dengan jenis pekerjaan yang masih offline. Sebagai  contoh. dengan banyaknya department store yang tutup (matahari, debenham, dan lain-lain) , maka banyak pegawai yang kehilangan pekerjaannya.. Mulai dari pelayan toko, strore manager, cleaning service, office boy sampai para pegawai yang bekerja pada supplier toko-toko tersebut. Di Perbankan, dengan banyaknya mesin EDM (electronic Deposit Machine) maka kebutuhan akan Bank Teller sudah jauh berkurang.

Akan tetapi, jaman digital ini tidak hanya sebagai pembunuh profesi, tapi juga sebagai pencipta lapangan kerja baru yang sebelumnya tidak pernah dilirik oleh para pencari kerja. Untuk menjalankan bisnis berbasis digital ini, akan dibutuhkan para pekerja dengan keahlian yang berbeda dari para pekerja generasi sebelumnya. Keahlian ini banyak yang tidak diajarkan disekolah-sekolah saat ini. Sehingga ketersediaan tenaga pekerja yang siap pakai di bisnis digital sangat terbatas.. Ini adalah peluang besar bagi para pemuda-pemudi, para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja dari bisnis konvensional.

Lalu apa profesi yang dibutuhkan saat ini?

Berikut ini adalah beberapa profesi yang sangat dibutuhkan didunia kerja saat ini:

Data Analis; adalah profesi yang tugasnya menterjemahkan angka-angka menjadi laporan yg dapat

dibaca/dimengerti dengan mudah oleh orang awam utk keperluan pengambilan keputusan dalam strategi bisnis. Mereka bekerja menterjemahkan perilaku konsumen untuk kepentingan perusahaan dalam menentukan barang dan jasa yang bisa disiapkan oleh perusahaan.

Researcher : Sesuai namanya profesi ini tugasnya mencari atau menemukan ide-ide baru yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan produk baru. Dari data-data yang disampaikan oleh para Data Analis, para Researcher lalu mencari bentuk barang atau jasa yang dibutuhkan oleh para konsumen.

UX Designer: Secara umum ;, profesi bertanggung jawab untu menciptakan produk yang dapat menyesuaikan dengan perilaku ,sasaran, motivasi dan kebutuhan pengguna atau konsumen.. Dari hasil penelitian para Researcher inilah para UX Designer mewujudkannya dalam bentuk nyata.

Software engineer : Sesuai namanya, profesi ini punya tugas membangun produk perangkat lunak yang umumnya kita temukan sebagai applikasi di layar handphone. Mereka bertugas membuat applikasi yang membuat kehidupan para pemakainya menjadi lebih mudah, simpel, praktis dan effisien.

Produk Manager : Profesi ini yang bertugas memimpin sebuah tim untuk membuat atau meciptakan prkoduk baru yg dapat diterima pasar. Agar produk yang diciptakan dapat terwujud sesuai dengan kebutuhan konsumen, dengan harga yang terjangkau, dan produk yang menarik, para Produk Manager ini harus terlibat disemua lini pengembangan produk dan jasa.

Peluang Bisnis Digital yang Cocok Untuk Kamu

Dengan semakin berkembangnya bisnis digital, kebutuhan para pekerja yang menguasai keahlian tersebut akan terus meningkat pesat. Jadi, para pekerja yang terkena PHK dibisnis konvensional harus segera beralih profesi secepatnya kalau tidak mau jadi pengangguran terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *